Sejarah Desa

Administrator 26 Agustus 2018 15:38:09

Desa Cangkuang pada awalnya merupakan daerah dari Desa Ciluncat Kecamatan Banjaran Kewedanaan Banjaran dan pada tanggal 17 Agustus 1983. Pada zaman dahulu kawasan desa ini disebut Blok Cangkuang dan yang dinamakan Cangkuang itu karena ada Pohon Cangkuang dibelakang Kantor Desa dan dibangun Kantor Desa pada tahun 1986 dengan biaya sewadaya masyarakat dan subsidi, dan perkampungannyapun kebanyakan dinamakan dengan Kampung Cangkuang tetapi ada sebagian namanya diantaranya Lembur Tahu karena banyak tedapat pengrajin Tahu sejak tahun 1942 dan lembur suuk karena dulu banyak terdapat pedagang kacang tanah atau dalam bahasa sunda Suuk Bojong Asem karena Konon katanya dulu ada Pohon asem yang sangat Besar.

Seiring perkembangan zaman dan meningkatnya jumlah penduduk dan kebutuhan masyarakat  serta akibat letak geografis yang jauh antara desa dengan daerah lain maka dibutuhkan fasilitas-fasilitas umum dan kebutuhan akan pendidikan meningkat maka mulai dibangun sekolah, orang-orang semakin bertambah otomatis membutuhkan pelayanan publik dan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan pemerintah sebagai pengatur dan mengurus kehidupan masyarakat. Sehingga ketika masih didalam kawasan desa Ciluncat masyarakat kesulitan untuk mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan dan perizinan seperti halnya dalam pembuatan KTP dan layanan administarsi lainnya  karena letak yang berjauhan sulitnya mendapatkan pelayanan kepada masyarakat diakbiatkan jarak yang jauh dan berat sehingga muncul berbagai tuntutan dan permohonan dari masyarakat  untuk membentuk desa sendiri yaitu Desa Cangkuang.

Berdasarkan TAP MPR RI NO. IV/MPR/2007 Khususnya Rekomendasi No. 7, Pasal 18 ayat (a), (b) dan (c) UUD 1945 Amandemen ke 2, Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah dan di akuinya desa sebagai daerah otonomi yang memiliki hak dan asal usul adat maka dijadikanlah momentum yang baik untuk mendirikan atau membentuk pemerintah desa sendiri. Maka pada tanggal 17 Agustus 1983 secara resmi desa berdiri dan dinamakan desa Cangkuang dan diresmikan oleh Bapak Wedana Banjaran.

Setelah berdirinya desa Cangkuang dan dipilihnya kepala desa melalui pilkades maka desa tersebut dibentuk menjadi 3 (tiga) dusun, 7 (tujuh) RW dan 28 (dua puluh delapan) RT dan sekarang menjadi 3 (Dusun) 12 (duabelas) RW dan 51 (lima puluh satu) RT.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

pemerintahan diskominfo kabupatenbandung
Prodeskel casip
kecamatan arjasari portaldesa
e-sasikap E-LPSE e saposi
E-Lapor bpjs

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung