PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS CORONA (COVID-19) DI DESA CANGKUANG

Administrator 30 Maret 2020 07:03:57 Berita Desa

Pemerintah Desa Cangkuang bersama tokoh masyarakat dari setiap RW melakukan penyemprotan desinfektan dipemukiman warga pada hari Selasa-Jum'at (24-27 Maret 2020). Penyemprotan desinfektan ini merupakan inisiatif dari Pemerintah Desa dan warga masyarakat sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19) di wilayah Desa Cangkuang. Usaha ini juga menjadi salah satu cara untuk memutus rantai penularan mengingat semakin masifnya penyebaran virus Corona di Indonesia.

Selain itu, usaha pencegahan ini juga harus diimbangi dengan usaha dari setiap individu untuk menerapkan cara hidup sehat. Berikut usaha-usaha yang bisa dilakukan agar pencegahan ini bisa lebih maksimal:

1. Sering-Sering Mencuci Tangan

Sekitar 98 persen penyebaran penyakit selalu bersumber dari tangan. Maka dari itu mencuci tangan hingga bersih dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir akan sangat efektif untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus, termasuk virus Corona. Pentingnya menjaga kebersihan tangan ini bisa membuat kita memiliki risiko lebih rendah terjangkit berbagai penyakit.

2. Hindari Menyentuh Area Wajah

Virus Corona dapat menyerang tubuh melalui area segitiga wajah, seperti mata, mulut, dan hidung. Area segitiga wajah sangat rentan tersentuh oleh tangan, oleh sebab itu sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah bersentuhan dengan benda atau bersalaman dengan orang lain.

3. Hindari Berjabat Tangan dan Berpelukan

Menghindari kontak kulit seperti berjabat tangan atau berpelukan mampu mencegah penyebaran virus Corona. Untuk saat ini menghindari kontak adalah cara terbaik, karena tangan dan wajah bisa menjadi media penyebaran virus Corona.

4. Jangan Berbagi Barang Pribadi

Virus Corona mampu bertahan di permukaan benda mati hingga tiga hari lamanya. Sangat penting kiranya untuk tidak berbagi peralatan baik itu peralatan makan; (piring, sendok, garpu, sedotan), handphone, atau sisir dengan orang lain. Gunakan peralatan pribadi demi kesehatan, agar usaha pencegahan virus Corona ini lebih maksimal.

5. Etika ketika Bersin dan Batuk

Satu di antara penyebaran virus Corona ini bisa terjadi melalui udara. Oleh sebab itu ketika kita bersin dan batuk, sangat diwajibkan untuk menutup mulut dan hidung agar orang yang ada di sekitar kita tidak terpapar percikan kelenjar liur yang keluar saat bersin atau batuk. Setelah itu segeralah cuci tangan hingga bersih menggunakan sabun agar tidak ada kuman, bakteri, dan virus yang tertinggal di tangan. 

Tak hanya kebersihan tubuh, menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal juga sangat penting dalam usaha pencegahan penyebaran virus Corona ini. Selalu bersihkan permukaan perabotan rumah yang rentan tersentuh, seperti gagang pintu, meja, furnitur, laptop, handphone, apa pun, dengan menggunakan cairan disinfektan yang bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan cairan pemutih pakaian dan air, secara teratur.

7. Jaga Jarak Sosial

Salah satu usaha pencegahan penyebaran virus Corona yang paling efektif adalah menjaga jarak sosial. Dengan menerapkan physical distancing atau menjaga jarak ketika beraktivitas di luar ruangan atau tempat umum, akan sangat berguna bagi kita untuk mencegah penularan virus Corona ini. Jaga jarak ini bisa dilakukan dengan memberi ruang saat kita berhadapan dengan orang lain yaitu dengan memberi jarak minimal sekitar dua meter.

8. Hindari Berkumpul dalam Jumlah Banyak

Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah telah bekerja sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Majelis Ulama Indonesia untuk membuat peraturan terkait pembatasan aktivitas keramaian selama pandemi virus Corona ini. Tak hanya di tempat umum, seperti rumah makan, gedung olah raga, tetapi juga di tempat ibadah. Tindakan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona, karena penularannya bisa terjadi kapan saja bahkan tanpa kita sadari. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika untuk sementara ini kita melakukan aktivitas tersebut di rumah masing-masing agar penyebaran virus Corona ini cepat berlalu.


Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

pemerintahan diskominfo kabupatenbandung
Prodeskel casip
kecamatan arjasari portaldesa
e-sasikap E-LPSE e saposi
E-Lapor bpjs

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung