Pelantikan Anggota PKK Desa Cangkuang

Administrator 30 Januari 2020 08:57:32 Berita Desa

Kepala Desa Cangkuang Bapak Daday Sopandi SA melantik anggota Gerakan PKK Desa Cangkuang pada hari Selasa (28/01/2020) di Gedung Serbaguna Desa Cangkuang. Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) sebagai Gerakan Nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, diharapkan mampu menjadi mitra Pemerintah Desa dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di masyarakat. 

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga adalah dasar hukum yang mengatur mengenai PKK di Indonesia. Lebih lanjut untuk panduan teknisnya sendiri diatur melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri. Sebelumnya kita mengenal Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 5 Tahun 2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan adalah aturan yang menjadi panduan teknis untuk eksistensi PKK ini, namun kemudian aturan ini sekarang telah diganti dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2018 Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa.

Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga yang selanjutnya disebut dengan Gerakan PKK adalah gerakan dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat, demi terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender, serta kesadaran hukum dan lingkungan. PKK sendiri merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan yang mempunyai peran membantu Pemerintah Desa atau Kelurahan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga demi terwujudnya keluarga yang berbudaya, sejahtera, maju, mandiri dan harmonis serta mempunyai peran untuk menumbuhkembangkan potensi dan peran perempuan dalam keluarga. Selain itu, PKK juga berperan sebagai penggali, pengembang potensi masyarakat khususnya dalam keluarga, pembina, motivator, serta pemrakarsa gerakan gotong royong dan swadaya perempuan dalam pembangunan sebagai bagian integral dalam mewujudkan pembangunan partisipatif.

Gerakan PKK sebagai garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan persoalan di masyarakat pada praktiknya dilaksanakan melalui 10 (sepuluh) program pokok pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga yakni meliputi:

  1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila.
  2. Gotong Royong.
  3. Pangan.
  4. Sandang.
  5. Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga.
  6. Pendidikan dan Ketrampilan.
  7. Kesehatan.
  8. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi.
  9. Kelestarian Lingkungan Hidup.
  10. Perencanaan Sehat.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

pemerintahan diskominfo kabupatenbandung
Prodeskel casip
kecamatan arjasari portaldesa
e-sasikap E-LPSE e saposi
E-Lapor bpjs

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung